Kedudukan Filsafat dalam lImu Pengetahuan

    Dalam ilmu pengetahuan,filsafat mempunyai kedudukan sentral,dan asal atau pokok. Karena,filsafat pada awalnya merupakan satu-satunya usaha manusia di bidang kerohanian untuk mencapai kebenaran pengetahuan. Tetapi,manusia tidak pernah merasa puas dengan meninjau sesuatu dari sudut yang umum,melainkan juga ingin memperhatikan hal-hal yang khusus. Kemudian,timbullah penyelidikan mengenai hal-hal khusus yang sebelumnya masuk dalam lingkungan filsafat jika penyelidikan ini telah mencapai tingkat tinggi. maka cabang penyelidikan itu melepaskan diri dari filsafat,menjadi cabang ilmu pengetahuan baru yang berdiri sendiri.
    Adapun yang pertamakali melepaskan diri dari filsafat ialah ilmu pasti kemudian disusul oleh ilmu-ilmu pengetahuan lainya. Akan letapi,meskipun lambat laun banyak ilmu pengetahuan yang melepaskan diri,tidak berarti ilmu pengetahuan itu sama sekali tidak membutuhkan bantuan filsalat. Misalnya makna pengetahuan tentang atom, baru mulai tampak bila dihubungkan dengan peradaban. Seorang ahli atom berusaha menemukan fakta,kemudian menciptakan teknik-teknik yang diperlukan. Semua itu dilakukan dari pengetahuan tentang atom yang semakin luas dan mendalam. Namun para ahli atom (kadang-kadang) tidak memperhatikan apa yang dilakukan manusia,karena atom hanya untuk kepentingan perang yang dapat membawa malapetaka bagi manusia.
    Hal itu menjadi tugas filsafat karena menyangkut masalah nilai,berarti filsafat akan memberikan alternatif pilihan yang paling baik untuk dijadikan pegangan manusia. Pembahasan tentang kedudukan atau hubungan antara filsafa dan ilmu pengetahuan,atau berpikir filosofis dan berpikir ilmiah,akan dilengkapi dengan uraian berikut ini. Piaget mengemukakan tentang epistemalogi genetis,yaitu fase-fase berpikir dan pikiran manusia dengan mengambil contoh perkembangan. Yaitu perkembangan anak mulai dari tahun pertama hingga dewasa,sebagaimana diuraikan oleh Halford. Jasa utama Piaget adalah uraiannya mengenai per kembangan anak dalam tingkah laku yang terdiri atas empat fase yaitu sebagai berikut:


1. Fase sensorimotor
Berlansung umur 0 tahun sampai usia di mana cara berpikir anak masih sangat ditentukan oleh kemampuan pengamatan sensorinya. Sehingga sedikit sekali terjadi peristiwa berpikir yang sebenarnya,di mana tanggapan tidak berperan sama sekali dalam proses berpikir dan pikiran anak. 
2. Fase praoperasional
usia antara 5-8 tahun,yang ditandai adanya kegiatan berpikir dengan mulai menggunakan tanggapan (disebut logika fungsional). la tidak menyebut dengan berpikir berdasarkan hubungan sebat akibat, seperti pendapat para ahli psikologi perkembangan. 
3. Fase operasional yang konkret
kegiatan yang berpikir untuk memecahkan persoalan secara konkret dan terhadap benda-benda yang konkret pula.
4. Fase operasi formal
pada anak dimulai usia 11 tahun. Anak mulai berpikir abstrak, dengan menggunakan konsep-konsep yang umum dengan menggunakan hipotesis serta memprosesnya secara sistematis dalam rangka menyelesaikan problem walaupun si anak belum mampu membayangkan kemungkinan-kemungkinan bagaimana realisasinya.

   Dari  uraian dan contoh di atas,dapat disimpulkan bahwa ilmu pengetahuan itu menerima dasarnya dari filsafat,dengan rincian sebagai berikut:


  • Setiap ilmu pengetahuan mempunyai objek dan problem.
  • Filsafat juga memberikan dasar-dasar yang umum bagi semua ilmu pengetahuan,dengan dasar yang umum itu dirumuskan keadaan dari ilmu pengetahuan.
  • Di samping itu, filsafat juga memberikan dasar-dasar khusus yang digunakan dalam setiap ilmu pengetahuan.
  • Dasar yang diberikan oleh filsafat itu sifat ilmu-ilmu dari ilmu pengetahuan. Ilmu pengetahuan memperoleh sifat ilmu,kalau memenuhi syarat yang telah ditentukan oleh filsafat. Artinya, tidak mungkin setiap ilmu meninggalkan dirinya sebagai ilmu pengetahuan,dengan meninggalkan syarat yang telah ditentukan oleh filsafat.
  • Filsafa jug meberikan metode atau cara kepada setiap ilmu pengetahuan.

0 Response to "Kedudukan Filsafat dalam lImu Pengetahuan "

Posting Komentar

Apa pendapat kamu?

Yuk, luangkan waktu kamu sebentar untuk memberikan pendapat agar pelayanan Ruanginfo bisa lebih baik lagi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel