Pengertian Akuntansi Biaya Dan Contohnya Menurut Para Ahli Terlengkap


  Sebelumnya saya sudah pernah membahas tentang pengertian akuntansi secara lengkap, nah Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian akuntansi biaya secara umum, fungsi dan contoh akuntansi biaya secara lengkap.




  Akuntansi biaya diperlukan untuk pertanggungjawabkan kepada pihak eksternal perusahaan atau atasan seperti investor maupun kreditor, serta pihak internal Manajemen perusahaan itu sendiri. akuntansi biaya sangatlah dibutuhkan pada setiap perusahaan perusahaan. Karena perusahaan tersebut harus memiliki data historis yang harus disajikan dalam pencatatannya. akan sangat penting digunakan oleh manajemen untuk mengembalikan keputusan atau kebijakan pada waktu yang akan datang.

Pengertian akuntansi biaya menurut para ahli
  Akuntansi biaya adalah: suatu proses pencatatan keuangan yang melibatkan didalamnya terjadi pengelolaan dan ringkasan atas suatu biaya produksi, penjualan produk ataupun jasa yang menggunakan suatu jarak tertentu serta lengkap dengan penjelasannya.

Menurut Nurlela
  Akuntansi biaya adalah bidang ilmu akuntansi yang secara fokus mempelajari tentang cara atau metode untuk mencatat, mengukur sampai Menyajikan laporan informasi mengenai biaya-biaya yang sudah digunakan ataupun yang mau digunakan selama proses produksi.

Menurut kholmi dan Yuningsih
  Akuntansi biaya adalah proses pelajaran, pengelola kasihan, pencatatan dan pelaporan yang disertai Analisis terhadap berbagai macam biaya-biaya yang masih berkaitan dengan aktivitas produksi di dalam sebuah perusahaan yang menghasilkan barang maupun jasa.

Contoh fungsi akuntansi biaya

1. Penentuan harga pokok
  Dalam penentuan harga pokok sangatlah berkaitan dengan akuntansi biaya. fungsi dari akuntansi biaya di sini Yang pertama adalah menentukan harga pokok atas sesuatu produk maupun jasa yang dihasilkan oleh perusahaan tersebut. jangan sampai harga yang ditawarkan terlalu tinggi ataupun terlalu rendah kepada konsumen. penentuan harga pokok ini diperoleh dengan cara mencatat, menggolongkan, memonitor dan meringkas seluruh komponen serta biaya yang sangat berhubungan dengan proses dimana produksi dari data historis yang sudah berjalan untuk dijadikan acuan pihak manajemen dalam penentuan harga pokok produksi.

2. Perencanaan dan pengadilan biaya
  Dalam perencanaan dasar yang digunakan dalam estimasi biaya yaitu data historis yang dipertimbangkan menggunakan faktor-faktor lain yang diprediksi akan mempengaruhi biaya. dalam perencanaan serta pengendalian biaya pihak manajemen akan memonitoring apakah terjadi penyimpangan. jika ada pihak manajemen akan menganalisis penyebab terjadinya selisih dan mempertimbangkan lagi sebagai bentuk pengendalian.

Demikianlah Penjelasan tentang Pengertian Akuntansi Biaya Secara Umum, Fungsi Dan Contohnya Akuntansi Biaya Secara Lengkap. Semoga artikel ini dapat membantu pemahaman dan menambah ilmu pengetahuan. sekian sampai jumpa pada artikel berikutnya.

0 Response to "Pengertian Akuntansi Biaya Dan Contohnya Menurut Para Ahli Terlengkap"

Posting Komentar

Apa pendapat kamu?

Yuk, luangkan waktu kamu sebentar untuk memberikan pendapat agar pelayanan Ruanginfo bisa lebih baik lagi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel