Norma Sosial Dalam Masyarakat Dan Contohnya


Norma-Norma Sosial Di Masyarakat

Norma dan nilai merupakan dua istilah yang saling berhubungan, akan tetapi terdapat perbedaan diantara keduanya. nilai adalah sesuatu yang baik, Luhur, diinginkan, dan dianggap penting oleh masyarakat, sedangkan norma adalah keindahan atau aturan patokan, ukuran ukuran tertentu yang berkembang di masyarakat untuk dipatuhi secara bersama.






  Norma adalah petunjuk hidup yang berisi perintah dan larangan yang ditetapkan bersama berdasarkan budaya setempat yang mengatur perilaku manusia di masyarakat. di dalam kehidupan bermasyarakat terdapat berbagai macam norma seperti norma agama, norma kesopanan, norma kesusilaan, norma hukum, Norma adat, norma kebiasaan atau kerajinan dan lain sebagainya. adanya norma sosial menyebabkan seseorang harus berpikir terlebih dahulu sebelum melakukan sesuatu tindakan atau perbuatan terhadap orang lain atau di masyarakat. Bila seseorang melanggar norma-norma yang berlaku di masyarakat orang tersebut akan diberikan sanksi.
Contoh:
·       Pada masyarakat Batak di kalangan warga tertentu dilarang mengawini gadis semarga dengan nya. bagi yang melanggar aturan tersebut dikenakan sanksi adat yang merupakan akibat melanggar aturan.
·       Pada masyarakat yang beragama Islam dilarang melakukan perkawinan yang tidak sesuai dengan norma agama Islam. maka Apabila ada yang melanggarnya akan menerima sanksi sebagai akibat melanggar aturan

Fungsi norma sosial
   Norma sosial diperlukan agar nilai-nilai sosial yang ada di masyarakat dapat diwujudkan dengan baik. secara umum fungsi norma sosial adalah sebagai berikut:
  • ·       Mengatur orang yang bertindak dan berpikir sesuai dengan batasan-batasan atau aturan-aturan berupa perintah dan larangan di lingkungan masyarakat. bila perintah dilanggar dan dilarang dilakukan maka akan mendapatkan sanksi yang sesuai dengan norma yang berlaku,
  • ·       Mewajibkan setiap orang agar menyesuaikan diri dengan norma yang berlaku di masyarakat. misalnya bila sedang berpapasan di jalan dengan orang yang sudah saling mengenal biasanya salah satu dari orang tersebut mengangkat tangan atau mengucapkan salam atau menyapa, bagi orang yang tidak melakukan dianggap sombong. sebagai sangsinya orang tersebut akan dikucilkan oleh masyarakat.
  • ·      Mengikat atau mengendalikan individu agar terjalin kerjasama antara anggota masyarakat dengan masyarakat lainnya. tindakan setiap anggota masyarakat harus dapat mengikuti dan mengendalikan diri sesuai dengan norma yang berlaku sehingga hubungan sesama anggota masyarakat dapat terpelihara dengan baik

0 Response to "Norma Sosial Dalam Masyarakat Dan Contohnya"

Posting Komentar

Apa pendapat kamu?

Yuk, luangkan waktu kamu sebentar untuk memberikan pendapat agar pelayanan Ruanginfo bisa lebih baik lagi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel