Inilah Peluang Usaha Modal Kecil Untung Besar Di Desa Terpencil Untuk Saat ini


Peluang usaha modal kecil untung besar pasti itulah yang ada di benak pikiran anda semua. namun Apakah kalian tahu Usaha apa yang akan anda kembangkan atau jenis usaha yang sedang didorong pemerintah. usaha jenis ini biasanya justru sangat berkaitan erat dengan potensi unik di desa terpencil. contohnya potensi alam yang jarang dimiliki di desa desa atau di wilayah lain.



Seperti yang terjadi pada Wae Rebo, Wae Rebo adalah desa adat kecil nan unik yang berada di atas pegunungan di kecamatan satarmese Barat, Kabupaten Manggarai, di situ kalian bisa melihat beberapa karya usaha modal kecil dan untung besar yang bisa anda tiru dan anda kembangkan di desa kalian.

Nah kembali lagi di Wae Rebo. meskipun memiliki jarak tempuh yang sangat jauh dan berat, Wae Rebo adalah salah satu desa adat yang sangat terkenal di seluruh mancanegara bahkan sampai di dunia dan sudah menjadi salah satu tujuan wisata wajib yang paling disukai turis di mancanegara.

Hal ini terjadi karena Wae Rebo mempunyai pesona alam nan unik yang tidak bisa ditemui di desa-desa lain. Iya itu adanya 7 rumah adat bernama mbaru Niang. ini adalah rumah tempat warga desa tinggal. rumahnya berbentuk kerucut dan mempunyai 4 lantai, rumah ini ditinggali oleh beberapa kepala keluarga.

Uniknya jumlah burung yang tidak akan pernah lebih dari 7 jika jumlahnya warga dianggap terlalu banyak maka akan ada keluarga yang harus meninggalkan kampung itu dan tinggal di bagian desa lain. inilah tradisi unik Wae Rebo yang membuatnya mendunia, selain karena pemandangan alam nan elok usaha modal kecil untung besar di desa terpencil untuk saat ini bisa ditelusuri dari keunikan seperti ini. desa wisata yang mempunyai wisatawan karena keunikannya adalah jenis usaha yang tidak memerlukan modal besar dalam bentuk uang karena modalnya lebih berupa modal sosial.

Untuk peluang usaha modal kecil untung besar di desa terpencil untuk saat ini bisa dibagi menjadi dua hal.

A. usaha yang dilakukan secara personal atau kelompok kecil dari sekumpulan warga.

Yaitu usaha modalnya memanfaatkan kekayaan dari alam sekitar yang ada di desa tersebut dengan menciptakan produk produk kreatifitas tangan. jenis usaha seperti ini bisa dilakukan dalam hal jasa.

1. Usaha pembuatan makanan kecil

  Di Kabupaten Lombok Utara ada beberapa kelompok ibu-ibu rumah tangga berkumpul untuk membuat makanan dari berbagai jenis tumbuhan yang mereka tanam di kebun sendiri, seperti memproduksi ceriping pisang manis dan aneka makanan kecil turunan dari pisang.

Pisang dipilih karena di kebun Mereka banyak sekali pohon pohon pisang sehingga pisang pisang yang telah masak seringkali terbuang sia-sia.

Berkat keahlian para ibu-ibu rumah tangga pisang-pisang tersebut disulap menjadi makanan ringan dalam kemasan cantik dan unik dan sudah tersebar di toko dengan cita rasa yang memanjakan lidah.

Ada juga beragam jenis minuman yang bisa dibuat dengan bahan potensi lokal. contohnya olahan makanan berbahan dasar salak. di Sleman Yogyakarta banyak para ibu mengolah salak menjadi aneka jenis makanan seperti dodol sampai sirup.

Para pengolah salak ini mendapatkan keuntungan yang cukup besar karena mengubah buah salak menjadi jenis makanan yang memiliki cita rasa khas dan khusus dan juga mengandung gizi yang tinggi.

2. Pembuatan aksesoris

  Aksesoris merupakan produk kreatifitas tangan yang sangat mudah membuat orang jatuh cinta karena keindahannya dan keunikan aksesoris tersebut. hampir di setiap daerah mempunyai kemauan menciptakan aksesoris unik dan berbagai bahan yang ada disekitar mereka.

Inilah yang dilakukan kelompok para ibu-ibu rumah tangga di Dayak dengan menciptakan aneka aksesoris berbahan manik-manik khas Kalimantan. kekhasan aksesoris atau manik-manik yang disebut Mutu Manikam itu kini banyak menjadi bagian atas penyelenggaraan fashion dunia.

Hal yang sama bisa dilakukan dengan bahan kayu, kulit, kertas serta kain dan bahan-bahan lainnya. di Bantul banyak para ibu-ibu rumah tangga membuat kulit kulit sisa pabrik tas menjadi gelang gelang cantik yang dijual di ratusan objek wisata di sepanjang Malioboro.

Di kampung kampung Bantul warga menggunakan sisa kain dari perusahaan pembuatan baju atau konveksi di sulap menjadi tas belanja yang unik. aneka kerajinan lampion dan souvenir juga dibuat dari limbah kertas kain dan lain sebagainya.

Aneka kerajinan seperti ini bisa anda lakukan dan anda pakai karena tidak membutuhkan modal besar dan mahal.

3. Jual beli online di sosmed

Hidup desa terpencil tidak berarti terpuruk dan tidak bisa menciptakan rezeki. sepanjang ada jaringan internet anda bisa menjalankan bisnis sebagaimana dilakukan orang-orang yang ada di kota-kota. Salah satunya yaitu jual beli online melalui smartphone canggih.

Kegiatan usaha seperti ini tidak perlu Tempat khusus untuk menyewa dan menjaga tempat untuk memajang produk produk Anda. anda hanya menjualkan produk orang lain. produk yang Anda jual juga anda Allah melalui online dengan cara melihat toko orang lain (dropship) dan mempunyai produk produk yang menarik untuk dijual nya.

Hebatnya usaha seperti ini Anda Bahkan tidak perlu mengeluarkan modal untuk modal kulakan karena yang terpenting anda hanya harus mendapatkan pembeli saja. pengemasan serta pengiriman bakal diurus dari toko tempat anda mendapatkan barang tersebut. kewajiban Anda hanya tinggal menikmati selisih harga dari yang ditetapkan dari toko dan harga yang anda bandrol kepada konsumen.

B. Usaha yang dilakukan bersama kelompok kelompok besar dari warga

Salah satu cara membangun usaha modal kecil untung besar di desa untuk saat ini adalah dengan melakukan gotong royong orang yang banyak alias banyak warga. Usaha apa yang bisa dilakukan dengan gotong-royong Berikut ini adalah penjelasannya.

1. Mengolah desa wisata
  Desa wisata masyarakat banyak orang melibatkan di dalamnya. dalam hal ini dikarenakan desa wisata melibatkan banyak aspek sekaligus pertama aspek alam dan yang paling utama desa wisata yang menjual potensi wisata alam seperti wisata Gunung Api Purbo ngelanggaran, Gethuk Gunung Kidul Yogyakarta.

Desa wisata yang akan diolah bakal lebih terorganisir jika warga membentuk kelompok dan sadar wisata alam alias pokDarwis. pokdarwis ini yang akan menangani berbagai kegiatan pengelolaan dan pengembangan desa wisata.

Hal ini adalah jenis kegiatan usaha modal kecil untung besar yang ada di desa terpencil yang sangat layak Anda jalankan bagi desa desa yang memiliki hamparan pesona alam wisata nan indah. banyak kampung di Pulau Bali mengalami peningkatan ekonomi dengan mengelola objek wisata yang ada di desa tersebut.

Hal inilah yang sama juga dengan banyak dilakukan warga di desa-desa terpencil di Yogyakarta. dengan bersama-sama bahu-membahu mengedepankan kerjasama antar warga, banyak objek wisata di desa akhirnya menjadi tujuan wisata One ternama dan menjadi roda ekonomi baru dan meningkatkan kesejahteraan hidup warga sekitar.

2. Membangun unik usaha bersama

  Usaha modal kecil untung besar yang ada desa-desa terpencil bisa dilakukan dengan bersama-sama warga dan membangun suatu usaha yang unik. cara ini mempunyai keunggulan yaitu bisa mengumpulkan modal yang besar dengan cara sum suman atau iuran dari anggota komunitas tersebut.

Tetapi karena melibatkan banyak orang maka jenis usaha seperti ini harus diwadahi dengan organisasi atau perkumpulan. perkumpulan ini juga memiliki aturan main yang jelas. salah satu lembaga ekonomi yang dapat digunakan adalah koperasi.

Dalam pembangunan lembaga seperti ini butuh waktu dan tidak bisa dipaksakan. melainkan harus melalui proses proses curahan pendapat dari hasil musyawarah yang mewakili suara para anggota komunitas usaha yang akan dikelolanya.

Karena jika proses dipaksakan Maka sangat mungkin bakal terjadi konflik antara anggota satu dengan yang lain ketika proses usaha sedang berlangsung. bukannya laba yang didapat melainkan malah masalah sosial yang timbul.

Contoh usaha seperti ini dilakukan di desa yang sebagian warganya mempunyai mata pencaharian yang sama contohnya seperti pertanian sawit. agar para petani sawit tetap mendapatkan bibit pembiayaan pupuk dan sebagainya, petani membentuk koperasi yang berfungsi menyediakan bibit dan pupuk untuk melakukan pembelian hasil panen.

  Nah itulah tadi Berbagai usaha modal kecil untung besar yang ada di desa terpencil untuk saat ini yang bisa anda miliki kan Anda proses kedepannya. alhasil sesungguhnya letak Desa yang terpencil tak menyurutkan dan tak perlu lagi menjadi hambatan mengembangkan usaha atau ekonomi dari warga. Cukup sekian semoga bermanfaat bagi anda sampai jumpa pada penjelasan-penjelasan berikutnya.


0 Response to "Inilah Peluang Usaha Modal Kecil Untung Besar Di Desa Terpencil Untuk Saat ini"

Posting Komentar

Apa pendapat kamu?

Yuk, luangkan waktu kamu sebentar untuk memberikan pendapat agar pelayanan Ruanginfo bisa lebih baik lagi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel