fungsi sosialisasi di masyarakat dan tujuan adanya sosialisasi di masyarakat


  Setiap orang memiliki potensi yang ada dalam dirinya untuk berkembang. potensi yang terpendam dalam diri seseorang perlu diwujudkan dalam bentuk nyata. potensi merupakan kemampuan dan bakat yang masih Terpendam dalam diri setiap individu.



  Potensi yang terpendam tersebut telah dimiliki oleh setiap orang untuk mengembangkan dan mewujudkan potensi yang terpendam pada setiap individu, diperlukan sosialisasi baik dalam lingkungan keluarga maupun dalam masyarakat. sosialisasi berpengaruh besar terhadap pembentukan perilaku seseorang. Setiap orang selalu berusaha melakukan proses sosialisasi sehingga dirinya dapat diterima keberadaannya oleh masyarakat. Ketika seseorang merasa kecil dari masyarakat, berarti orang tersebut telah gagal dalam proses sosialisasi sehingga tidak memiliki kemampuan untuk memahami norma-norma yang ada di masyarakat dan tidak mampu mengikuti norma-norma yang berlaku. orang-orang yang seperti ini biasanya sering melakukan tindakan-tindakan yang tidak sesuai dengan kehendak masyarakat, misalnya suka berkelahi, mabuk-mabukan, ingin menang sendiri, tidak memiliki sopan santun, dan tindakan negatif lainnya.

  Sosialisasi membuat seseorang dari tidak tahu menjadi tahu, membuat seseorang dapat bersikap dan bertingkah laku baik dalam masyarakat. setiap orang Mulai sejak ia dilahirkan sampai dewasa dan tua, selalu belajar pola atau bentuk tindakan dan sikap dalam melakukan hubungan atau interaksi dengan berbagai macam individu di sekelilingnya.

  Dalam memahami nilai dan norma yang berlaku di masyarakat seseorang harus mampu melakukan penyesuaian diri dan bersikap tenggang rasa sehingga keberadaannya sebagai individu dapat diterima baik di masyarakat.

Sosialisasi terhadap individu dapat terjadi dalam berbagai lingkungan yaitu sebagai berikut:

a.    Sosialisasi lingkungan keluarga. sosialisasi yang pertama diterima oleh setiap individu, Jalan keluarga terutama ibu, kaya dan negara sangat penting dalam penanaman nilai-nilai agama, sosial dan budaya pada anak.

b.    Sosialisasi dalam lingkungan sekolah. hari ini dilakukan terutama melalui pendidikan formal, mulai dari Taman kanak-kanak sampai perguruan tinggi. setiap orang yang memasuki sekolah akan mempelajari banyak hal yang baru yang belum diketahuinya dari keluarga. individu-individu yang memasuki bangku Sekolah Advent berhijab dengan aturan tertulis di sekolah yang harus ditaati yang mungkin berbeda dengan lingkungan keluarganya.

c.    Sosialisasi dalam kelompok. kamu ini terjadi dalam perkawinan antara individu dengan individu dalam suatu kelas, misalnya dengan teman-teman sekolah, teman sepermainan, tetangga dan lain sebagainya.
d.    Sosialisasi dalam lingkungan kerja. bentuk sosialisasi dan lingkungan tempat individu bekerja.
contoh: seorang pekerja dalam suatu industri tertentu, makan dia harus mengikuti aturan yang berlaku dalam lingkungan industri tersebut. misalnya masuk dan pulang kerja harus sesuai dengan waktu yang telah ditentukan, tidak boleh sesuka hati, memakai pakaian kerja yang seragam, dan sebagainya. di lingkungan kerja setiap individu harus mengetahui posisi dan peran masing-masing untuk dapat melaksanakan pekerjaan yang sesuai dengan tugas diberikan. 
e.    Sosialisasi melalui media massa. peran media massa baik Media elektronik maupun media cetak seperti majalah, koran dan sebagainya. kan ini sangat berpengaruh besar terhadap proses sosialisasi terhadap perkembangan diri individu, terutama anak-anak. bacaan bacaan di Koran, majalah, tayangan di televisi.

  banyak yang baik untuk perkembangan anak akan tetapi ada pula yang kurang baik. untuk itu harus di pilih mana yang baik untuk dibaca dan mana pula yang tidak baik untuk dilakukan. demikian pula halnya dengan acara acara di televisi, kita harus mampu membedakan mana yang baik dan yang tidak sesuai dengan budaya kita. kita dapat belajar melalui koran, majalah, televisi, internet dan lain sebagainya. akan tetapi harus dipilih yang baik dan ditinggalkan yang buruk. 

0 Response to "fungsi sosialisasi di masyarakat dan tujuan adanya sosialisasi di masyarakat"

Posting Komentar

Apa pendapat kamu?

Yuk, luangkan waktu kamu sebentar untuk memberikan pendapat agar pelayanan Ruanginfo bisa lebih baik lagi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel