"Akulturasi" Pengertian Akulturasi, Sinkretisme, Milenarisme Dan Adaptasi Terlengkap


Di dalam sebuah hubungan antara budaya satu dengan budaya yang lain sering kita dengar istilah akulturasi, akulturasi sinkretisme, ataupun adaptasi. hubungan antara budaya satu dengan yang lain bisa menciptakan sebuah pengertian akulturasi pengertian sinkretisme dan pengertian milenarisme atau juga Pengertian adaptasi antara budaya. proses Penyebaran budaya dengan melakukan interaksi antara budaya serta sesuai dengan proses belajar tentang budaya dalam lingkungan masyarakat di dalamnya. hal ini sesuai dengan pendapat koentjaraningrat.



Berdasarkan pendapat kerja Ningrat mengemukakan bahwa beberapa inovasi yang disebabkan oleh adanya kesadaran masyarakat tentang kekurangan dari kebudayaannya itu sendiri. Hal inilah yang menjadi dasar-dasar terbentuknya inovasi dalam pemikiran terkait kebudayaan yang mereka miliki Sehingga kebutuhan manusia bisa terpenuhi. tetapi terdapat beberapa inovasi yang berkaitan dengan masuknya budaya asing di dalam budaya masyarakat lain sehingga peran dan hubungan antara budaya tersebut sangat dominan. nah pada pembahasan di sini saya akan membahas tentang pengertian akulturasi, pengertian sinkretisme, pengertian milenarisme, dan Pengertian adaptasi dalam hubungan antara budaya satu dengan budaya yang lain. untuk lebih jelasnya anda Simak di bawah ini.

Pengertian akulturasi, sinkretisme, milenarisme, serta adaptasi terlengkap.

Setiap kelompok masyarakat mempunyai ciri khas budaya yang berbeda sehingga bisa menyebabkan adanya Sikap saling mempengaruhi satu dengan yang lain. tanpa kita sadari kebudayaan itu sendiri telah bercampur dengan kebudayaan kebudayaan asing karena adanya kontak antara budaya yang sering dilakukan nya. Selain itu ada fakta lain yang menyebabkan terjadinya pengambilan unsur-unsur budaya nya di luar. berdasarkan pendapat koentjaraningrat, faktor tersebut berasal dari penjajahan pada masa kolonialisme sebelumnya. bangsa Indonesia tanpa kita sadari telah melakukan kontak antara budayanya sehingga memicu timbulnya pengaruh dalam perkembangan budaya lokal itu sendiri. dalam proses pengaruh tersebut bisa terjadi secara akulturasi, sinkretisme, milenarisme dan juga melalui adaptasi.

Di bawah ini ada penjelasan mengenai pengertian akulturasi. pengertian sinkretisme. pengertian milenarisme dan adaptasi terlengkap.

Akulturasi
  Akulturasi adalah proses perubahan kebudayaan yang dilakukan dengan menyatukan budaya budaya yang berbeda. kebudayaan baru tersebut muncul karena adanya penyerapan unsur-unsur kebudayaan asing ke dalam unsur kebudayaan tertentu. tetapi tidak meninggalkan kebudayaan aslinya. contohnya kebudayaan Hindu yang terus berkembang di Bali. namun tetap tidak menghilangkan kebudayaan asli dari Bali tersebut. bahkan terciptalah budaya baru yang asal mulanya dari peleburan kebudayaan Hindu dengan kebudayaan Bali.

Sinkretisme
  Sinkretisme adalah proses bertemunya dari 2 kebudayaan yang berbeda, perbedaan tersebut dari unsur namun tidak menghilangkan unsur budayanya. perubahan budaya secara singkat Isma sangatlah berbeda dengan budaya akulturasi. hal ini yang sangat membedakan antara sinkretisme dan akulturasi yaitu sinkretisme tidak menimbulkan Adanya kebudayaan baru tetapi bisa menyesuaikan dalam kebudayaan yang lama. contohnya proses sinkretisme Siwa Budha yaitu ajaran agama pada masa kerajaan Majapahit. ajaran Siwa dengan ajaran Buddha yang memiliki keinginan keras dan juga saling bersatu tanpa harus memiliki kebudayaan yang lain atau yang baru.

Milenarisme
  Milenarisme adalah gerakan rakyat yang tercipta atas kepercayaan masyarakat dengan pembebasan orang dari kemiskinan dan penderitaan melalui perantara tokoh atau orang. milenarisme bisa disebut juga misianisme. contohnya kepercayaan masyarakat dengan kedatangan Ratu Adil di tanah Jawa.

Adaptasi
  Adaptasi adalah proses perubahan kebudayaan dalam lingkungan masing-masing. proses terjadinya adaptasi bisa dibagi menjadi beberapa jenis diantaranya:
  • Adaptasi evolusioner Adalah proses perubahan kebudayaan masyarakat yang terjadi di dalam waktu yang cukup lama. mulai dari tingkat yang tinggi menuju tingkat yang rendah.
  • Adaptasi konvergensi Adalah adaptasi yang mempunyai proses kebudayaan terjadi antara beberapa bangsa dengan latar belakang kebudayaan yang cukup berbeda namun kondisi lingkungannya tetap sama.
  • Evolusi paralel Adalah perkembangan adaptasi yang di mana latar belakang dari kebudayaannya hampir sama dan mempunyai kondisi lingkungan yang sama juga.
  • Culture area Culture area adalah gabungan dari budaya beberapa suku bangsa dengan unsur yang sama. sehingga mempunyai arti yang jelas. penggabungan kebudayaan ini dilakukan oleh para ahli antropologi.
  • Pola adaptasi Pola adaptasi kebudayaan adalah pola adaptasi masyarakat daerah tertentu guna melindungi keberlangsungan hidup dan tempat tinggalnya agar bisa bertahan hidup di dalam situasi serta kondisi daerah tersebut.

Demikianlah penjelasan tentang pengertian akulturasi pengertian sinkretisme pengertian milenarisme dan Pengertian adaptasi terlengkap. di dalam hubungan antara budaya bisa berlangsung secara akulturasi sinkretisme. semoga artikel yang sederhana ini bisa membantu pemahaman dan dapat menambah wawasan anda. Terima kasih sampai jumpa pada artikel berikutnya.

0 Response to ""Akulturasi" Pengertian Akulturasi, Sinkretisme, Milenarisme Dan Adaptasi Terlengkap "

Posting Komentar

Apa pendapat kamu?

Yuk, luangkan waktu kamu sebentar untuk memberikan pendapat agar pelayanan Ruanginfo bisa lebih baik lagi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel